contoh simbiosis mutualisme parasitisme komensalisme

contoh simbiosis mutualisme parasitisme komensalisme

  
    Kali ini kita akan bahas contoh simbiosis mutualisme parasitisme komensalisme,sebelum itu kita ingin tau arti dari simbosis itu dahulu.Definisi simbiosis yang termasyhur  diketahui oleh  siswa Sekolah Dasar yang merupakan ringkasan atau bentuk paling sederhana berasal dari bermacam macam definisi  para pakar  yaitu Simbiosis adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup.
    
    Terkait macam-macam simbiosis yang mana di atas telah disebutkan ada 6 bentuk simbiosis, bakal namun sesuai standara kompetensi pada  kurikulum 2006 untuk pembelajaran IPA di SD lumayan dikenalkan 3 saja yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.

    Mengapa keenam bentuk simbiosis selanjutnya di atas saya tuliskan di sini? apakah tidak menyebabkan kerancuan jika ada siswa SD yang kebetulan membaca blog ini?, Saya rasa tidak bakal menyebabkan kerancuan, justru bakal tingkatkan wawasan /pengetahuan supaya bakal lebih sadar bahwa pengetahuan itu amat banyak, yang akhirnya siswa bakal makin lama tertantang beruntung melacak pengetahuan online di internet.
    
Pembaca yang baik hati, lagi ke pembahasan 3 bentuk simbiosis yang paling tenar di jenjang pendidikan  SD, di bawah ini dijelaskan pengertian dan misal berasal dari 3 macam simbiosis selanjutnya sebagai selanjutnya :

  1. Pengertian Simbiosis Mutualisme-Simbiosis Mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda dan saling menguntungkan. Contohnya hubungan antara lebah bersama bunga, yang mana lebah diuntungkan mendapat nektar/madu dan bunga diuntungkan didalam proses penyerbukan, misal lain yaitu hubungan antara kerbau bersama burung jalak yang mana kerbau diuntungkan hilangnya kutu yang ada pada tubuhnya dan burung jalak beruntung sebab mendapat makanan berbentuk kutu yang ada pada kerbau tersebut. Selain ke dua misal selanjutnya tetap banyak misal yang lain. 
  2. Pengertian Simbiosis Parasitisme-Simbiosis Parasitisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup di mana yang satu mendapat keuntungan sedangkan yang satunya lagi dirugikan. Contohnya benalu bersama tmbuhan yang ditumpangi, yang mana benalu diuntungkan bersama menyerap sari makanan berasal dari tumbuhan yang ditumpanginya sedangkan tumbuhan yang ditumpangi dirugikan sebab sari makanannya diserap oleh benalu.
  3. Pengertian Simbiosis Komensalisme-Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup di mana yang satu diuntungkan sedangkan yang satunya lagi tidak diuntungkan dan tidak termasuk dirugikan. Contohnya ikan remora bersama ikan hiu di mana ikan remora dapat berlindung berasal dari predator supaya leluasa didalam melacak makanan, sedangkan ikan hiu tidak mendapat keuntungan ataupun kerugian bersama hadirnya ikan remora tersebut. 
Contoh lainnya:

a. Mutualisme
Kerbau dengan burung jalak

b. Parasitisme
Benalu dengan Inangnya

c. Komensalisme
Anggrek dengan inangnya

Belum ada Komentar untuk "contoh simbiosis mutualisme parasitisme komensalisme"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel