pengaruh letak astronomis pada indonesia

 
Pengaruh Letak Astronomis pada indonesia mencakupi sebagai berikut,diantaranya:

1.Mempunyai Iklim Tropis

    Dikarenakan letak astronomis yang sudah ditetapkan untuk indonesia,Negara yang satu ini hanya memiliki iklim tropis.Dan juga indonesia dilewati oleg garis khatulistiwa yang membuat negara yang kaya akan rempah-rempah ini hanya memiliki musim kemarau dan musim hujan.

    Jika dihitung curah hujan di indonesia termaksud curah yang tinggi selain itu terdapat juga hutan tropis yang terbentang sangat luas.Indonesia juga mendapatkan pancaran sinar matahari sepanjang tahun dan memiliki kelembapan udara yang tinggi dan stabil.

2.3 Zona Waktu

    Pada negara Indonesia ini terdapat 3 zona waktu yaitu WIB(waktu Indonesia barat),WITA(waktu indonesia temgah) dan WIT(waktu indonesia timur).Di indonesia sendiri negara yang dijadikan patokan adalah Greenwich yang ada di London dikarenakan garis bujur 0° ada disana.

  • Waktu Indonesia Barat (WIB) terdiri dari Pulau Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat. Wilayah ini memiliki selisih waktu +7 terhadap GMT (Greenwich Mean Time).
  • Waktu Indonesia Tengah (WITA) terdiri dari Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau sekitarnya. Wilayah ini memiliki selisih waktu +8 jam terhadap GMT (Greenwich Mean Time).
  • Waktu Indonesia Timur (WIT) terdiri dari Kepulauan Maluku dan Papua. Wilayah ini memiliki selisih waktu +9 jam terhadap GMT (Greenwich Mean Time).

Belum ada Komentar untuk "pengaruh letak astronomis pada indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel