Cara agar router tak mudah diretas

Cara agar router tak mudah diretas

1. Rutin Mengganti Password WiFi

    Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengamankan WiFi. Kamu bisa melakukannya melalui pengaturan pada router. Biasanya, ada panduan untuk mengubah kata sandi di tiap router.

Pilihlah kata sandi yang mudah diingat, tapi cukup sulit dibajak. Lebih baik lagi menggunakan gabungan huruf kecil, kapital, dan angka. Meskipun agak merepotkan, tapi lebih baik mencegah daripada memperbaiki, bukan?

2. Cek Pengguna WiFi

    Setelah mengubah kata sandi WiFi, beberapa pengaturan lain perlu dilihat. Di laman pengaturan, biasanya terdapat daftar siapa saja yang sedang menggunakan WiFi kamu. Jika ada gawai asing, kamu perlu mewaspadainya.

3. Gunakan Aplikasi untuk Memantau

    Ada tips tambahan, yaitu menggunakan aplikasi. Misalnya saja Fing yang tersedia untuk Android dan iOS. Untuk pengguna Windows bisa gunakan Acrylic WiFi, sedangkan untuk macOS, gunakan Who Is On My WiFi.

4.Jangan hapus admin default

    Ini adalah yang sangat penting untuk menghindari peretasan pada router anda,yaitu jangan hapus admin default pad router anda,melainkan nonaktifkan saja.Anda lebih baik membuat 2 atau lebih admin namun yang admin default nonaktifkan saja jangan di hapus.

    Kalian harus memahami sistem mikrotik / router yang akan kalian gunakan.

Belum ada Komentar untuk "Cara agar router tak mudah diretas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel