Dawud.eu.org - Pemantuan Ip ialah Melihat Seluruh kegiatan online anda selama beberapa periode ataupun untuk selamanya.Pemantuan IP ini awalnya dibuat untuk mengatasi ancaman terhadap sebuah pemerintahan negara.

    Namun Seiring jamannya waktu,pemantuan yang diminta oleh pemerintahan kepada Isp untuk menyimpan kegiatan online anda ini semakin lebih dari itu,Tujuan ini sekarang diciptakan untuk membatasi kegiatan yang akan menyimpang,membantu pemerintah dalam menyelidiki kasus/kepentingan intilejen.

    Sebenarnya sih cara ini work banget untuk mengatasi kejahatan cyber,Namun juga perlu ditekankan bahwa kita juga bakal kehilangan Kebasan dalam berpendapat ataupun menyebarkan.ya asal jangan hoax yah.

    Tapi tidak jarang juga bahwa data online yang telah disimpan ini juga dijual di bursa pasar malam/black market,itu sebabnya juga kita sering menerima pesan/email dari seseorang yang kita tidak kenali.bahaya banget ya hyung.

    Disini admin ingin share negara mana saja sih yang menerapkan adanya seperti itu:

1.Amerika


    Negara Paman sam ini menggunakan pemantauan Ip juga lo,Jadi Pihak pada Verizon, AT&T, Comcast dan Time Warner Cable akan menyimpan Kegiatan IP Online dan aktivitas online anda setidaknya selama 6 bulan.Hal ini diterapkan untuk mengurangi kejatahan yang ada di amerika.Program Prisma NSA

2.Kanada


    Negara Kanada Ini menerapkan kepada Semua ISP untuk wajib dalam memantau setiap IP pengguna internet, dan tidak pandang bulu apakah mereka adalah penduduk Kanada atau turis, setidaknya selama 1 tahun.Program Ini dinamakan  Bill C-11 (UU Modernisasi Hak Cipta)