Bagaimana konsep jaringan ke internet?Bingung?



  Bagaimana konsep jaringan ke internet?Bingung?Internet adalah jaringan computer yang berbentuk global. Ada beraneka metode/cara yang mampu dilaksanakan untuk jalankan koneksi ke internet, di antaranya bersama dengan dial up, wave lan, satelite, cable modem, radio paket, ADSL, dll.

    Sebelum jalankan koneksi ke internet tentu kita udah mesti udah membawa computer atau jaringan (LAN) yang udah siap untuk jalankan koneksi ke internet. Untuk jalankan konfigurasi jaringan, yang mesti kita jalankan pertama kali adalah membawa dampak jaringan secara fisik dulu (hardware), baru sesudah itu kita jalankan konfigurasi softwarenya.

Konfigurasi perangkat lunak yang dilaksanakan pada lain :

1. Konfigurasi routing

2. Konfigurasi domain (optional)

3. Konfigurasi Gateway

    Gateway mesti mampu menjembatani/menyambungkan workstation (komputer-komputer pada jaringan)

    supaya mampu terkoneksi ke internet

4. Konfigurasi workstation

   Workstation mesti mengenal dan mampu berkomunikasi bersama dengan gatewaynya supaya mampu terkoneksi

   ke internet lewat gateway tersebut.

- Metode Koneksi ke Internet

A. Dial Up

Metode ini pakai saluran telephone untuk berkomunikasi bersama dengan internet. Biasa digunakan untuk jaringan yang TIDAK terhubung ke internet terus menerus (24 jam sehari). Dial-Up Networking adalah seperangkat protokol dan software yang digunakan untuk menghubungkan sebuah computer ke internet service provider (ISP), layanan online atau computer yang berjauhan, lewat modem analog dan POTS (plain old telephone system).

Dial-up networking merupakan type koneksi computer ke internet yang paling banyak digunakan. Pada akhir 2000, lebih dari seperempat milyar pelanggan men-dial ke internet--empat kali lebih banyak dibandingkan cara pengaksesan populer lainnya, layaknya DSL broadband, modem kabel, dan ISDN. Inilah lebih dari satu perihal yang mesti Anda ketahui:

Dial-up networking pakai modem sebagai interface pada sebuah PC bersama dengan jaringan layaknya internet; modem umumnya miliki kecepatan hingga 56K-bps.

Men-dial bersama dengan modem tetap merupakan cara terhubung internet yang termurah dan paling banyak tersedia. Namun sebab ia miliki kecepatan yang relatif lambat, situs-situs yang kaya grafis butuh waktu lama untuk di-load.

Kecepatan maksimum didalam men-download information pakai dial-up networking terbatas pada bandwith analog proses telepon, kualitas saluran, dan lantas lintas internet.

Dial-up networking umumnya berkomunikasi bersama dengan ISP pakai standar Point to Point Protocol.

Walaupun layanan broadband layaknya DSL, modem kabel, dan satelit, udah tersedia secara luas di semua dunia, dial-up networking konsisten saja bertambah. Diperkirakan, konektivitas wireless akan hadapi tantangan terbesar dari dial-up networking didalam perihal pelanggan di masa depan. Bahkan, para analis meramalkan, pada akhir 2001, orang yang pakai dial-up networking dua kali lebih banyak dibandingkan yang pakai layanan boradband untuk terhubung ke internet. Di tahun 2003 perbedaan kuantitas tersebut akan menipis, tetapi dial-up networking tetap menjadi cara paling populer, bersama dengan perbandingan 1:1,5.

B. Wave LAN/Microwave 

Kecepatannya pada 2Mbps hingga 11Mbps.Metode ini pakai WaveLAN (gelombang Microwave) dan untuk komunikasi antar WaveLAN berbentuk wireless (tidak butuh kabel). Biasa digunakan jaringan yang cukup berjauhan (karena jaringan berbasis kabel, andaikan bersama dengan thick ethernet/fiber optic, butuh ongkos yang mahal untuk instalasi dan perawatannya). Bersifat dedicated/digunakan untuk jaringan yang terhubung internet 24 jam sehari, bersama dengan kecepatan kurang lebih 10 MBps.

C. Satelit

Kecepatannya pada 64Kbps hingga 2Mbps. Biasanya digunakan untuk koneksi jarak jauh yang sukar dijangkau oleh line telephone maupun WaveLAN.

D. Cable Modem

Cable Modem yaitu modem yang digunakan pada jaringan televisi kabel, merupakan kependekan dua buah kata :

1. Cable, kependekan dari Cable television network

2. Modem, kependekan dari Modulator dan Demodulator.

Jadi pengertian cable modem adalah suatu devais yang mampu berbentuk external box yang dihubungkan ke PC pada ethernet atau berbentuk internal card, yang mampu memberikan service akses information berkecepatan tinggi lewat jaringan televisi kabel.

Ide basic yang melatarbelakangi dibuatnya Cable Modem yaitu pakai jaringan televisi kabel yang udah tersedia untuk komunikasi information berkecepatan tinggi.

E. Radio Packet 

 Radio paket mampu digunakan untuk koneksi internet, biarpun bersama dengan kecepatan yang kurang memadai. Amatir packet radio adalah sebuah teknologi komunikasi computer di amatir radio yang berkembang sejak 1984-1985. Teknik amatir packet radio berkembang sedemikian pesat, puluhan ribu amatir radio di beraneka penjuru dunia udah mendedikasikan perangkatnya untuk beroperasi 24 jam/hari untuk menolong memperlancar beraneka servis yang berjalan di jaringan amatir packet radio. Bahkan informasi hasil penelitian yang dilaksanakan umumnya diberikan secara cuma-cuma untuk kepentingan bersama. Jaringan amatir packet radio pakai TCP/IP dikenal bersama dengan sebutan AMPRNet.

Perlu dicatat bahwa untuk terjun didalam jaringan amatir packet radio tidak mesti pakai perlengkapan yang amat canggih. Perlengkapan yang digunakan cukup sederhana, hanya terdiri dari sebuah Handy Transceiver (HT) di 145.57 MHz bersama dengan kekuatan pancar 1.5 Watt yang dihubungkan pada Terminal Node Controller (TNC) yang menjalankan perangkat AX.25 pada kecepatan 1200bps dan sebuah computer XT kompatible 8MHz yang menjalankan program KA9Q NOS TCP/IP.

Bagi yang membawa peralatan amatir radio & cukup dekat bersama dengan gateway packet radio yang tersedia - maka LAN mampu di sambungkan bersama dengan gateway packet radio untuk berinteraksi lewat packet radio. Gateway packet radio mampu menggunakan, andaikan :

1. PC 286 menjalankan DOS bersama dengan software NOS pakai TNC atau modem Baycom bersama dengan kecepatan 1200bps/9600bps.

2. PC 486 menjalankan Windows95 bersama dengan software Flexnet pakai sound card sebagai modem kecepatan 1200bps/9600bps. 

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana konsep jaringan ke internet?Bingung?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel