Kematian sang filsuf Bernard Stiegler

Image Source:wikipedia

      Kematian sang filsuf asal perancis yang mengecam adanya teknologi tyrani digital,Bernard Stiegler, yang meninggal mendadak pada usia 68, pertama kali merampok bank pada tahun 1976, untuk melunasi cerukannya. Pada saat itu, anak putus sekolah dan veteran barikade Mei 1968 itu menjalankan sebuah kafe jazz di Toulouse. “Ini berjalan sangat baik,” Stiegler mengenang kehidupan kriminalnya. Aku merasakannya dan merampok tiga lagi. Dia selalu bekerja sendiri. “Ini lebih efisien dan kami tidak perlu berbagi.”

Polisi menangkap tindakan Stiegler selama perampokan keempat dan dia dijatuhi hukuman lima tahun penjara. "Saat itu bisa saja berusia 15 tahun, tetapi saya memiliki pengacara yang sangat baik." Dia juga memiliki teman-teman di luar yang terus memberinya buku, terutama filsuf Gérard Granel, sesama penggemar jazz. Tapi, berbagi sel penjara dengan narapidana lain mengganggu studi Stiegler, jadi dia melakukan mogok makan selama tiga minggu. Aku ingin membiarkan diriku mati.

Dari posisi yang tidak menjanjikan ini, Stiegler kemudian menjadi salah satu pemikir paling kuat di abad ke-21, yang mengecam pengambilalihan teknologi digital oleh para teknokrat yang dia sebut sebagai "orang barbar baru". Dia menulis lebih dari 30 buku, yang terakhir, The Lesson of Greta Thunberg, diterbitkan pada bulan Januari, ditujukan untuk juru kampanye lingkungan, yang dia lihat sebagai Antigone zaman akhir dalam kemarahannya akan keadilan. Sementara Antigone menganggap kematian tidak bisa dihindari tetapi jiwa manusia akan bertahan, dia merefleksikan, “Greta adalah bagian dari dunia yang 'lebih dari tragis', dunia yang mengatakan bahwa segala sesuatu akan hilang, seluruh alam semesta.”

Stiegler memiliki temperamen yang sama. Dia berpikir, seperti yang dia tulis dalam The Age of Disruption: Technology and Madness in Computational Capitalism (2019), bahwa banyak anak muda, yang terperangkap dalam dunia entropik yang sepertinya tidak ada jalan keluar, telah menjadi "gila dengan kesedihan, gila dengan kesedihan, gila dengan amarah ”. "Sederhananya," katanya kepada pewawancara dari Libération, "ada perpecahan antara orang muda yang dimobilisasi dan orang tua yang tidak melakukan apa-apa."

Penjara adalah pembuatan Stiegler. “Saya mabuk. Tanpa penjara, saya akan berubah menjadi buruk. " Setelah diberi sel isolasi, dia mengakhiri mogok makannya. Dia membandingkan pengalamannya dengan pengalaman Malcolm X, yang menulis bahwa penjara memberinya "hadiah waktu". Stiegler belajar dengan giat. “Di pagi hari saya membaca, setelah puisi oleh Mallarmé, Investigasi Logis Husserl, dan, pada malam hari, Proust Mencari Waktu yang Hilang.”

Ia lulus ujian masuk ke Universitas Toulouse saat masih di penjara dan menyadari sesuatu yang penting bagi filosofinya yang berkembang, yaitu bahwa "membaca adalah penafsiran oleh pembaca atas ingatannya sendiri melalui penafsiran teks itu. dia telah membaca. " Pikiran itu akan menjadi kunci gagasannya tentang "ingatan tersier".

Non-manusia memiliki memori primer, yaitu informasi genetik yang diekspresikan dalam kode DNA, dan memori sekunder, yang diperoleh melalui sistem saraf yang kompleks. Manusia juga memiliki ingatan eksosomatis atau tersier, yang dimungkinkan oleh prostesis yang disebutnya “teknik” - yaitu, tulisan, seni, pakaian, peralatan dan mesin.

Dalam seri bukunya Technics and Time (dalam tiga jilid, 1994-2001), ia mengemukakan bahwa teknik seperti itu membuka kemungkinan bagi manusia untuk mewujudkan harapan individu dan kolektif. Tapi, di era Antroposen kita, mereka telah digunakan untuk menutupnya. Di kemudian hari, melalui berbagai proyek, kelompok komunitas dan situs web, Ars Industrialis, dia berusaha untuk membalikkan perubahan entropik itu dan dengan demikian menjadi seorang intelektual yang terlibat dalam dunia sekitarnya seperti Jean-Paul Sartre.

Saat dibebaskan dari penjara pada tahun 1983, Stiegler terbang ke Paris dengan surat pengantar dari Granel kepada sesepuh dekonstruksi, Jacques Derrida, di École Normale Supérieure. Derrida cukup terkesan dengan kecerdasan mantan narapidana itu untuk memungkinkannya mengadakan seminar dua bulanan di Sekolah Tinggi Filsafat Internasional yang baru didirikan. Di sana, dan kemudian di Universitas Teknologi Compiègne, Institut Studi Lanjutan Nanjing dan Akademi Seni Hangzhou, dan, di Paris, di Bibliothèque Nationale, Institut Audiovisual Nasional, pusat teknologi musik Ircam dan Pompidou Center, Stiegler mengembangkan kritik terhadap apa yang disebutnya "pemikiran komputasi".

Dia berpendapat bahwa kita telah mempercayakan rasionalitas kita pada teknologi komputasi yang menghentikan kita untuk berpikir secara otentik. Salah satu penafsirnya yang paling cerdik, Leonid Bilmes, menulis bahwa Stiegler melihat bahwa "malapetaka era digital adalah bahwa ekonomi global, yang didukung oleh 'nalar' komputasi dan didorong oleh keuntungan, menutup cakrawala refleksi independen bagi mayoritas spesies kita, sejauh kita tetap tidak menyadari bahwa pemikiran kita begitu sering dibatasi oleh baris kode yang dimaksudkan untuk mengantisipasi, dan secara aktif membentuk, kesadaran itu sendiri. "

Teknologi, yang bisa menjadi pembebasan, membawa kita menuju kepunahan. “Agar sebuah pesawat bisa terbang, Anda harus mengikuti sejumlah hukum gravitasi dan fisika,” kata Stiegler. “Kami tahu bagaimana melakukannya, pesawat terbang dengan sangat baik. Namun dalam melakukannya, kami hanya memperhitungkan jangka pendek: jika kami memilih untuk mengesahkan pesawat hanya dengan syarat bahwa mereka tidak menghabiskan semua sumber daya selama seribu tahun ke depan, mereka tidak akan diizinkan untuk terbang. ”

Masa kecil Stiegler membantu menjelaskan bagaimana dia berpikir seperti ini. Ia lahir di Villebon-sur-Yvette, selatan Paris, dan dibesarkan di Sarcelles, barat lautnya, dari ayah seorang insinyur TV dan seorang ibu yang bekerja, ironisnya, sebagai karyawan bank. Dia memperhitungkan bahwa, berkat televisi publik Prancis tahun 1960-an, yang dia dan orang tuanya tonton dengan tekun, adalah mungkin untuk menjadi "miskin dan terpelajar".

Televisi General de Gaulle membangkitkan saya, memperkenalkan saya pada Aeschylus dan tragedi Yunani ketika saya berusia 12 tahun. ” Memang, kecamannya yang paling pahit adalah untuk jaringan Prancis yang, menurutnya, mengkhianati tugasnya untuk membantu pekerja Prancis menghargai budaya.

Setelah berpartisipasi dalam les événements di Paris pada tahun 1968, ia memulai tetapi tidak menyelesaikan studi di Free Conservatory of French Cinema. Pada tahun 1973, dia adalah seorang programmer komputer magang sebelum bekerja sebagai petani dan pelayan.

Sampai tahun 1976 dia adalah anggota Partai Komunis. Komunismenya tidak diragukan lagi menjelaskan istilah kunci dalam filosofinya: proletarianisasi. Bagi Karl Marx, istilah itu berarti ancaman terhadap kerja fisik, tetapi bagi Stiegler istilah itu menandakan ancaman yang ditimbulkan oleh pemikiran komputasi terhadap jiwa manusia itu sendiri.



Belum ada Komentar untuk "Kematian sang filsuf Bernard Stiegler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel